Selasa, 20 September 2011

Mengenal Gamelan

Sebagai bangsa yang penuh dengan khasanah budaya dan juga kesenian, Indonesia memiliki beragam alat musik yang khas. Salah satunya adalah gamelan. Gamelan adalah alat musik jawa yang dimainkan bersama-sama dengan cara ditabuh. Di Indonesia gamelan banyak terdapat di pulau Jawa, Bali dan Lombok. Gamelan pertama diciptakan pada masa Hindu-bundha untuk mengiringi upacara adat maupun mengiringi berbagai kesenian. Selain di Indonesia, bangsa lain juga telah belajar dan memiliki gamelan yang berasal dari Indonesia. Tentunya kita sebagai pemilik dan juga negara asal mula gamelan, harus tahu bahkan lebih mengenal tentang gamelan. Gamelan jawa terdiri dari berbagai perangkat antara lain




1. Demung adalah salah satu instrumen gamelan dari keluarga balunga. Satu set gamelan biasanya terdiri dari 2 demung.

     






    2.  Gong merupakan wadah dari nada-nada dari gamelan atau sebagai bass dari instrumen gamelan. Gong terdiri dari 2 macam yaitu yang menghasilkan nada slendro dan pelog






    3. Gender adalah intrumen orkestra dari gamelan. Terdiri dari 10-14 kepingan logam kuningan dan juga mempunyai nada pelog dan slendro.










    4. Kendhang merupakan pengatur irama dari seperangkat gamelan. Kendhang tidak ditabuh dengan dipukul-pukul seperti gamelan lainnya, melainkan ditabuh dengan kedua telapak tangan.









    5. Kenong adalah salah satu alat musik yang menyusun gamelan.







    6. Saron atau disebut ricik merupakan melodi dari sebuah gamelan. Saron juga terdiri daro pelog dan slendro












    7. Rebab yang digunakan gamelan merupakan alat musik yang diadaptasi dari Turki. Rebab memiliki 2-3 senar dan sebuah alat penggesek agar mengeluarkan bunyi seperti pada biola.














    8. Siter yaitu alat musik seperti gitar yang mempunyai tabung resonansi dan memiliki 11-14 senar. Alat ini dimaikan dengan ibu jari. Dalam gamelan siter dapat dimaikan dalam irama slendro dan juga pelog.









    9. Slenthem adalah alat musik gamelan yang berupa lempengann tipis yang diuntai dengan tali. Slenthem selalu ditabuh untuk memulai lagu mengiringi maupun mengakhiri lagu.



    Nah,, setelah kita mengetahui lebih jelas tentang gamelan, maka kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia karena memiliki beragam budaya dan juga seni yang tak dimiliki bangsa lain. Untuk itu kita harus tetap mencintai dan melestarikannya dan jangan lupa belajar agar budaya dan juga kesenian kita tidak diakui bangsa lain.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar