Minggu, 18 September 2011

Penyesuaian diri Maklhuk Hidup

Jika diamati dengan seksama, bentuk fisik makhluk hidup beragam sesuai dengan habitat aslinya. Untuk dapat bertahan hidup, makhluk hidup harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri.

Perbedaan Bentuk Paruh
 Bentuk paruh yang berbeda dari makhluk hidup sesuai dengan makanannya.
  1. Burung Pelikan mempunyai paruh yang besar dan panjang berguna untuk menangkap ikan
  2. Burung Kolibri berparuh kecil dan panjang untuk menghisap madu pada bunga-bunga
  3. Burung Elang mempunyai paruh yang runcing dan kuat untuk menguyah daging
Selain itu makhluk hidup juga mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mempertahankan hidup sesuai dengan habitatnya



  1.  Bunglon dapat berubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan sekitar yang dihinggapinya, cara itu disebut dengan istilah mimikri
  2. Cicak mempunyai cara unik untuk mempertahankan diri, yaitu dengan lari dan memutuskan ekornya jika diserang oleh musuh. Namun ekor cicak dapat tumbuh lagi seperti sedai kala.
  3. Durian mempunyai duri-duri yang tajam pada kulit luarnya, sehingga tupai, kelelawar maupun hewan pemakan buah yang lain, enggan utuk menjamahnya
Sedangkan manusia sangat pandai dalam beradaptasi dengan lingkungannya, manusia dapat hidup di darat, air, udara dengan menggunakan berbagai peralatan tambahan. Meskipun habitat asli manusia berada di bumi, banyak astronot yang dapat bertahan hidup diluar angkasa berbulan-bulan  untiuk mengadakan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar